logo gressler 2024 utama 1 baris

Catat! Cara Membaca Expired Date yang Tepat pada Produk

Cara Membaca Expired Date pada Berbagai Produk

Table of Contents

Expired date memberikan petunjuk kepada konsumen mengenai batas waktu di mana produk tersebut masih aman dikonsumsi atau digunakan. Membaca expired date adalah kunci untuk memastikan bahwa produk yang kita konsumsi atau gunakan masih dalam kondisi terbaiknya, serta untuk menghindari risiko kesehatan yang mungkin timbul dari penggunaan produk yang sudah melewati batas kedaluwarsanya.

Artikel ini bertujuan untuk memberikan panduan praktis bagi konsumen dalam membaca expired date pada berbagai jenis produk.

Apa itu Expired Date?

Apa itu Expired Date

Expired date adalah tanggal yang tercantum pada kemasan produk untuk menunjukkan batas waktu di mana produk tersebut masih aman untuk dikonsumsi atau digunakan. Setelah melewati tanggal ini, kualitas, keamanan, dan efektivitas produk dapat berkurang secara signifikan. Memahami dan membaca expired date sangat penting karena memberikan panduan bagi konsumen untuk memastikan bahwa produk yang mereka gunakan masih dalam kondisi optimal dan aman.

Baca juga: 5 Alasan Pentingnya Mencetak Expired Date pada Produk

Istilah yang Digunakan pada Expired Date

Istilah yang Digunakan pada Expired Date

Saat membaca expired date, konsumen akan menemui beberapa istilah yang digunakan untuk menunjukkan masa pakai produk. Setiap istilah memiliki makna dan implikasi yang berbeda:

  • Expiration Date (Tanggal Kedaluwarsa): Tanggal ini menunjukkan batas waktu di mana produk masih aman untuk dikonsumsi atau digunakan. Setelah tanggal ini, produk tidak dianjurkan untuk digunakan karena dapat menimbulkan risiko kesehatan. Expiration date biasanya ditemukan pada produk farmasi, makanan bayi, dan produk-produk yang sangat sensitif terhadap waktu.
  • Best Before Date (Baik Sebelum Tanggal): Tanggal ini menunjukkan kapan produk akan mencapai puncak kualitasnya. Setelah tanggal ini, produk mungkin masih aman untuk dikonsumsi tetapi kualitasnya, seperti rasa, tekstur, dan nilai gizi, mungkin sudah menurun. Best before date sering digunakan pada makanan kemasan, minuman, dan produk-produk yang stabil lebih lama.
  • Use By Date (Digunakan Sebelum Tanggal): Tanggal ini digunakan untuk produk yang sangat mudah rusak seperti produk susu, daging segar, dan makanan siap saji. Ini adalah tanggal terakhir di mana produk tersebut dianggap aman untuk dikonsumsi. Melebihi tanggal ini, produk bisa menimbulkan risiko kesehatan yang signifikan.

Baca juga: Perbedaan Expired Date dengan Best Before

Cara Membaca Expired Date pada Berbagai Produk

Cara Membaca Expired Date pada Berbagai Produk

Mengetahui cara membaca expired date pada berbagai produk adalah keterampilan penting yang harus dimiliki oleh setiap konsumen. Berikut ini adalah cara membaca expired date yang tepat:

Format Tanggal yang Umum Digunakan

Ketika membaca expired date pada berbagai produk, penting untuk memahami format tanggal yang digunakan. Ada beberapa format tanggal yang umum digunakan di seluruh dunia, dan berikut adalah penjelasan tentang beberapa format yang paling sering ditemui:

  • DD/MM/YYYY (Hari/Bulan/Tahun): Format ini umum digunakan di banyak negara, termasuk Indonesia. Misalnya, 15/06/2024 berarti tanggal 15 Juni 2024.
  • MM/DD/YYYY (Bulan/Hari/Tahun): Format ini sering digunakan di Amerika Serikat. Misalnya, 06/15/2024 berarti tanggal 15 Juni 2024.
  • YYYY/MM/DD (Tahun/Bulan/Hari): Format ini sering digunakan dalam standar internasional dan dokumen resmi. Misalnya, 2024/06/15 berarti tanggal 15 Juni 2024.

Mengetahui format yang digunakan oleh produsen dapat membantu konsumen membaca expired date dengan benar dan menghindari kebingungan yang bisa mengarah pada kesalahan penggunaan produk.

Kode Khusus dan Simbol

Selain format tanggal standar, beberapa produk menggunakan kode produksi dan simbol khusus untuk menunjukkan tanggal kedaluwarsa. Berikut adalah beberapa petunjuk untuk membaca kode dan simbol ini:

  • Kode Produksi: Beberapa produsen menggunakan kode produksi yang biasanya terdiri dari kombinasi huruf dan angka. Kode ini sering kali mencakup informasi tentang tanggal produksi, nomor batch, dan kadang-kadang tanggal kedaluwarsa. Untuk memahami kode ini, konsumen seringkali perlu merujuk ke panduan yang diberikan oleh produsen atau mencari informasi di situs web mereka.Contoh: Kode “L220615” mungkin menunjukkan bahwa produk tersebut diproduksi pada 15 Juni 2022 (L adalah untuk lot number, 22 untuk tahun, 06 untuk bulan, dan 15 untuk hari).
  • Simbol Waktu dan Tanggal: Beberapa produk, terutama kosmetik dan produk perawatan pribadi, menggunakan simbol seperti jam pasir atau kaleng terbuka dengan angka (misalnya, 12M). Simbol kaleng terbuka menunjukkan berapa lama produk aman digunakan setelah dibuka (M berarti bulan, jadi 12M berarti 12 bulan).Contoh: Simbol kaleng terbuka dengan “6M” menunjukkan bahwa produk tersebut harus digunakan dalam waktu 6 bulan setelah dibuka.
  • QR Codes dan Digital Expiry Information: Beberapa produk modern sekarang mencantumkan QR code yang dapat dipindai dengan smartphone untuk mendapatkan informasi detail tentang tanggal kedaluwarsa, tanggal produksi, dan detail lain yang relevan.Contoh: Memindai QR code pada kemasan produk mungkin mengarahkan konsumen ke halaman web dengan informasi detail tentang masa pakai produk.

Baca juga: Sewa Mesin Cetak Expired Date & Mesin Kadaluarsa Terlengkap

Contoh Membaca Expired Date pada Berbagai Jenis Produk

Contoh Membaca Expired Date pada Berbagai Jenis Produk

Membaca expired date pada produk adalah keterampilan esensial yang membantu konsumen memastikan bahwa produk yang mereka konsumsi atau gunakan masih aman dan berkualitas. Berikut ini adalah cara membaca expired date pada produk Anda:

Produk Makanan dan Minuman

Membaca expired date pada kemasan makanan dan minuman adalah langkah pertama untuk memastikan produk yang kita konsumsi masih aman. Berikut adalah beberapa contoh dan studi kasus cara membaca tanggal pada berbagai produk makanan dan minuman:

  • Kemasan Susu: Misalnya, pada kotak susu, Anda mungkin menemukan tanggal “15/07/2024”. Ini berarti susu tersebut aman dikonsumsi hingga 15 Juli 2024. Jika formatnya “07/15/2024”, maka itu mengindikasikan 15 Juli 2024 juga, tergantung pada negara asal produk.
  • Kaleng Makanan: Pada produk kalengan, tanggal biasanya ditulis dalam format yang mirip. Contoh, “EXP 12/09/2024” berarti produk tersebut kadaluarsa pada 9 Desember 2024.
  • Minuman Botol: Botol minuman mungkin memiliki tanggal kedaluwarsa tercetak di tutup atau leher botol. Misalnya, “BEST BEFORE 2024/08/30” menunjukkan bahwa minuman tersebut sebaiknya dikonsumsi sebelum 30 Agustus 2024.

Produk Kecantikan dan Perawatan

Produk kecantikan dan perawatan kulit sering kali memiliki tanggal kedaluwarsa yang menunjukkan berapa lama produk tersebut aman digunakan setelah dibuka. Berikut adalah beberapa contoh cara membaca expired date pada produk kosmetik dan perawatan kulit:

  • Krim Wajah: Pada krim wajah, Anda mungkin melihat simbol kaleng terbuka dengan tulisan “12M” di dalamnya. Ini berarti produk tersebut aman digunakan selama 12 bulan setelah dibuka. Jika terdapat tanggal seperti “EXP 2024/10”, ini berarti produk tersebut harus digunakan sebelum Oktober 2024.
  • Lipstik: Lipstik bisa memiliki tanggal kedaluwarsa yang dicetak pada dasar tabungnya. Contoh, “LOT 202310” berarti lipstik tersebut diproduksi pada Oktober 2023 dan biasanya baik digunakan hingga beberapa tahun setelah tanggal produksi, tergantung pada merek dan jenis produk.
  • Shampo dan Kondisioner: Produk perawatan rambut sering memiliki simbol kaleng terbuka juga. Misalnya, “6M” berarti shampo atau kondisioner tersebut harus digunakan dalam waktu 6 bulan setelah dibuka. Selain itu, mereka mungkin memiliki tanggal produksi seperti “PROD 01/2023” yang menunjukkan produk tersebut dibuat pada Januari 2023.

Tips Praktis Membaca Expired Date

  • Perhatikan Lokasi Tanggal: Tanggal kedaluwarsa bisa ditempatkan di berbagai bagian kemasan, seperti tutup botol, bagian bawah kemasan, atau label belakang.
  • Gunakan Cahaya yang Baik: Beberapa tanggal kedaluwarsa mungkin sulit dibaca karena warnanya yang mirip dengan kemasan. Pastikan Anda membacanya di tempat yang terang.
  • Memeriksa Panduan Produsen: Jika Anda kesulitan memahami kode produksi, kunjungi situs web produsen untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Kesimpulan

Memahami cara membaca expired date pada produk adalah langkah penting untuk memastikan keamanan dan kualitas apa yang kita konsumsi atau gunakan. Dengan mengenali berbagai format tanggal, serta memahami kode produksi dan simbol khusus, konsumen dapat dengan mudah menentukan masa pakai produk. Informasi ini membantu menghindari risiko kesehatan, memastikan kepuasan penggunaan, dan menjaga kepercayaan terhadap produk yang dibeli.

Share artikel ini

Hubungi expert coding & marking kami hari ini

Jelajahi bagaimana continuous inkjet printers Gressler dapat meningkatkan operasional kemasan Anda!

Anda mungkin juga menyukai

Table of Contents

Share