logo gressler 2024 utama 1 baris

Teknologi Pencetakan Expired Date, dari Inkjet hingga Laser

sejarah inovasi teknologi pencetakan expired date

Table of Contents

Tanggal expired date atau tanggal kadaluarsa adalah informasi esensial yang tercantum pada kemasan produk untuk menunjukkan batas waktu di mana produk tersebut masih layak untuk dikonsumsi atau digunakan. Perkembangan teknologi pencetakan expired date telah membawa perubahan signifikan dalam cara informasi kadaluarsa dicantumkan pada produk.

Artikel ini akan membahas lebih lanjut terkait teknologi pencetakan expired date yang perlu Anda ketahui!

Sejarah dan Evolusi Teknologi Pencetakan Expired Date

Pada awalnya, teknologi pencetakan expired date didominasi oleh metode konvensional yang bersifat manual. Penggunaan cap karet dan tinta menjadi cara utama untuk mencetak tanggal kadaluarsa pada produk. Metode ini mengharuskan pekerja untuk mencetak tanggal secara manual, satu per satu, yang tidak hanya memakan waktu tetapi juga rentan terhadap kesalahan manusia.

sejarah inovasi teknologi pencetakan expired date

Seiring berjalannya waktu dan meningkatnya tuntutan pasar serta regulasi keamanan, teknologi pencetakan expired date mengalami perkembangan signifikan. Salah satu perubahan besar adalah peralihan dari metode manual ke teknologi otomatis. Pengenalan mesin coding dan label printer mengubah lanskap industri dengan memperkenalkan solusi yang lebih cepat, akurat, dan efisien.

Baca juga: 5 Alasan Pentingnya Mencetak Expired Date pada Produk

Inovasi Terbaru dalam Teknologi Pencetakan Expired Date

Teknologi pencetakan expired date terus berkembang seiring dengan kebutuhan industri yang semakin menuntut kecepatan, akurasi, dan efisiensi. Berikut ini adalah penjelasan terkait inovasai terbaru dalam coding expired date:

1. Continuous Inkjet Printer

teknologi pencetakan expired date continuous inkjet printer

Continuous Inkjet Printer (CIJ) adalah teknologi pencetakan expired date yang sering digunakan dalam industri untuk mencetak informasi penting seperti tanggal kadaluwarsa, nomor batch, dan kode produk pada berbagai jenis kemasan dan produk. Teknologi ini dapat mencetak pada berbagai permukaan seperti plastik, kaca, logam, dan kertas, tanpa mengorbankan kualitas cetakan. Teknologi CIJ bekerja berdasarkan prinsip penyemprotan tinta secara kontinu melalui nozel kecil.

2. Thermal Inkjet Printer

teknologi pencetakan expired date thermal inkjet printer

Thermal Inkjet Printer (TIJ) adalah jenis teknologi pencetakan tanggal kadaluarsa yang menggunakan panas untuk mengeluarkan tinta dari nozel kecil ke permukaan produk. TIJ dikenal karena kemampuannya mencetak dengan resolusi tinggi dan presisi yang sangat baik. Teknologi ini umum digunakan dalam industri untuk mencetak teks, grafik, dan kode, termasuk tanggal kadaluwarsa, pada berbagai jenis kemasan dan produk.

3. Thermal Transfer Overprinter

teknologi pencetakan expired date thermal transfer overprinter

Thermal Transfer Overprinter (TTO) adalah teknologi pencetakan tanggal kadaluarsa yang menggunakan panas untuk mentransfer tinta dari pita karbon ke permukaan produk atau kemasan. TTO biasanya digunakan untuk mencetak tanggal kadaluarsa, kode batch, dan informasi penting lainnya pada berbagai jenis bahan kemasan seperti plastik, film, dan kertas. TTO menggunakan tinta pita karbon yang tahan lama, sehingga menciptakan cetakan yang tetap jelas dan tahan lama.

4. Drop on Demand

teknologi pencetakan expired date drop on demand

Drop on Demand (DOD) adalah salah satu teknologi pencetakan expired date yang menghasilkan tetesan tinta secara tepat pada saat diperlukan. Teknologi ini digunakan secara luas dalam industri pencetakan untuk mencetak teks, kode bar, dan gambar pada berbagai jenis permukaan produk. Teknologi ini menghasilkan cetakan dengan kualitas tinggi, bahkan pada volume produksi yang besar.

5. Handheld Inkjet Printer

teknologi pencetakan expired date handheld inkjet printer

Teknologi pencetakan tanggal kadaluarsa telah mengalami perkembangan yang signifikan, salah satunya melalui penggunaan handheld inkjet printer. Alat ini merupakan solusi inovatif yang memungkinkan pencetakan tanggal kadaluarsa dan kode lainnya secara langsung di berbagai permukaan kemasan produk dengan cara yang mudah dan cepat.

6. Laser Marking

Laser marking adalah proses pencetakan yang menggunakan sinar laser untuk menghasilkan tanda atau marka pada suatu bahan. Teknologi ini dapat digunakan untuk menandai produk dengan teks, angka, kode bar, dan gambar secara permanen. Laser marking bekerja dengan cara mengarahkan sinar laser ke permukaan bahan dengan intensitas yang tepat untuk menghasilkan perubahan warna atau permukaan yang terkontraksi, menciptakan marka yang tahan lama dan mudah dibaca.

laser marking coding gressler indonesia

Manfaat Teknologi Terbaru dalam Pencetakan Expired Date

Pencantuman tanggal kadaluarsa pada produk bukan lagi sekadar kewajiban, tetapi juga menjadi standar penting dalam menjaga keamanan dan kepercayaan konsumen. Dalam dunia industri modern, teknologi pencetakan tanggal kadaluarsa terus berkembang dengan pesat, menawarkan solusi yang lebih efisien dan akurat dalam memberikan informasi krusial ini. Manfaat teknologi ini adalah:

Keamanan Produk

Teknologi pencetakan expired date memainkan peran krusial dalam menjamin keamanan produk. Dengan menggunakan metode seperti inkjet, thermal inkjet, dan laser marking, perusahaan dapat mencetak informasi tanggal kadaluarsa secara jelas dan tahan lama. Ini membantu mengurangi risiko konsumen menggunakan produk yang sudah kadaluarsa, yang dapat mengancam kesehatan mereka.

Baca juga: Apa Pentingnya Tanggal Kadaluarsa untuk Keamanan Konsumen?

Kepuasan Konsumen

Pencetakan tanggal kadaluarsa yang jelas dengan teknologi terbaru berdampak langsung pada kepuasan konsumen. Konsumen menjadi lebih percaya karena dapat dengan mudah memeriksa keamanan produk sebelum membeli atau mengonsumsinya. Informasi yang jelas dan terbaca dengan baik juga meningkatkan pengalaman konsumen dalam menggunakan produk dengan keyakinan penuh akan kualitasnya.

Kepatuhan Regulasi

Teknologi pencetakan expired date yang terbaru membantu perusahaan mematuhi regulasi yang ketat terkait pencantuman tanggal kadaluarsa pada produk. Dengan sistem otomatisasi dan kontrol yang canggih, perusahaan dapat menghindari pelanggaran regulasi dan memastikan bahwa setiap produk yang dipasarkan memenuhi standar keamanan dan kualitas yang ditetapkan oleh badan regulasi terkait.

Baca juga: Catat! Cara Membaca Expired Date yang Tepat pada Produk

Contoh Implementasi Teknologi Pencetakan Expired Date

Penggunaan teknologi dalam pencetakan tanggal kadaluarsa (expired date) telah mengalami perkembangan signifikan dalam beberapa dekade terakhir, mengubah cara industri memastikan keamanan produk dan kepatuhan terhadap regulasi. Berikut ini adalah contoh implementasi dari teknologi tersebut:

Implementasi Continuous Inkjet Printer di Industri Makanan

teknologi pencetakan expired date untuk industri makanan

Implementasi Continuous Inkjet Printer (CIJ) dalam industri makanan di Indonesia telah membawa perubahan signifikan dalam hal pencetakan tanggal kadalurasa dan kode produk. Contoh implementasi adalah pada sebuah pabrik kecap di Jawa Tengah dapat menggunakan CIJ untuk mencetak tanggal kadaluwarsa pada botol-botol kecap secara otomatis. Mesin ini tidak hanya mampu menyesuaikan dengan berbagai jenis permukaan kemasan, tetapi juga dapat menangani lingkungan produksi yang berbeda, termasuk suhu dan kelembapan yang bervariasi.

Implementasi Handheld Printer di Usaha Kecil dan Menengah

investasi mesin coding untuk UMKM

Di sisi lain, usaha kecil dan menengah (UMKM) semakin mengadopsi teknologi handheld printer untuk pencetakan tanggal kadaluarsa. Contohnya, sebuah perusahaan roti lokal menggunakan handheld printer Thermal Inkjet (TIJ) untuk mencetak tanggal kadaluarsa pada kemasan roti secara fleksibel dan efisien. Dengan teknologi ini, UMKM dapat menghindari biaya overhead yang tinggi yang biasanya terkait dengan mesin pencetak besar.

Kesimpulan

Pencetakan tanggal kadaluarsa dengan menggunakan teknologi terbaru seperti Continuous Inkjet Printer (CIJ), Thermal Inkjet Printer (TIJ), hingga laser markingtelah mengubah cara industri memastikan keamanan produk dan mematuhi regulasi. Teknologi pencetakan expired date tidak hanya meningkatkan efisiensi produksi dan keakuratan cetakan, tetapi juga memberikan kontribusi besar terhadap kepuasan konsumen dengan menyediakan informasi yang jelas dan terpercaya.

Share artikel ini

Hubungi expert coding & marking kami hari ini

Jelajahi bagaimana continuous inkjet printers Gressler dapat meningkatkan operasional kemasan Anda!

Anda mungkin juga menyukai

Table of Contents

Share