logo gressler 2024 utama 1 baris

Wajib Tahu! Ini dia Aplikasi Date Coding untuk Industri Anda

Aplikasi Mesin Coding untuk Makanan Gressler Coding and Marking Solution

Table of Contents

Dengan terus berkembangnya teknologi saat ini, penerapan teknologi date coding telah meluas ke berbagai sektor industri. Saat ini, date coding menjadi langkah penting bagi setiap tahapan produksi. Penggunaan aplikasi date coding tidak terbatas hanya pada industri makanan dan minuman, melainkan juga menjadi solusi bagi industri untuk mempermudah proses manajemen inventori. Date coding bukan lagi sekadar kebutuhan, melainkan telah menjadi suatu keharusan dalam mengoptimalkan efisiensi produksi dan manajemen stok di berbagai sektor industri.

Penggunaan mesin coding pada setiap aplikasi produk perlu disesuaikan dengan berbagai faktor, termasuk jenis material, jenis cetakan yang diinginkan, dan kualitas hasil cetak yang diinginkan. Tidak hanya itu, kemudahan dalam proses pelacakan juga dapat dilakukan dengan mudah, sehingga hampir setiap sektor industri kini menggunakan teknologi mesin coding.

Setelah memahami berbagai jenis mesin coding, pada artikel akan membahas lebih lanjut mengenai aplikasi date coding yang perlu Anda ketahui!

1. Aplikasi Date Coding pada Industri Makanan dan Minuman

Aplikasi Mesin Coding untuk Makanan Gressler Coding and Marking Solution

Dalam sektor industri makanan dan minuman, date coding memainkan peran penting untuk menjamin keamanan setiap produk yang dikonsumsi oleh konsumen. Biasanya, industri makanan dan minuman mencetak date coding pada kemasan atau bahkan langsung pada produk tersebut. Industri ini juga memiliki jenisnya sendiri, seringkali dibutuhkan spesifikasi mesin coding yang berbeda, dengan catatan untuk selalu menggunakan tinta food grade.

Continuous inkjet printer adalah salah satu jenis printer yang sering digunakan pada aplikasi date coding untuk industri makanan dan minuman, karena dapat mencetak secara non-contact, dengan kecepatan tinggi, dan menghasilkan matrix dot. Selain CIJ, industri ini juga dapat memanfaatkan Thermal inkjet printer untuk kebutuhan produksi dengan variasi yang beragam. Di samping itu, juga dibutuhkan tinta food grade yang memastikan date coding aman dicetak pada kemasan makanan.

2. Aplikasi Date Coding pada Industri Farmasi

Gressler Inkjet Printer untuk Industri Farmasi dan Kosmetik Coding Solution

Industri farmasi tunduk pada regulasi khusus yang menetapkan kewajiban mencantumkan informasi penting, seperti tanggal kadaluarsa, batch number, dan tanggal produksi pada produknya. Tujuan utama ketentuan ini adalah untuk memastikan konsumen dapat mengkonsumsi produk dengan keyakinan akan keamanan dan kepatuhan terhadap regulasi. Selain itu, dalam penggunaan mesin coding perlu dipastikan menggunakan tinta yang aman, tidak cenderung bercampur dengan produk, dan tahan terhadap kondisi penyimpanan.

 

Aplikasi date coding untuk industri farmasi dapat menggunakan continuous inkjet printer yang mampu mencetak berbagai jenis informasi, mulai dari karakter, angka, barcode, qr code, dan lainnya. Keunggulan lainnya adalah jenis printer ini juga tahan di lingkungan produksi yang bersifat steril. Thermal transfer overprinter juga merupakan contoh inkjet coding yang cocok untuk mencetak label pada produk farmasi dan memastikan tinta tahan lama.

3. Aplikasi Date Coding pada Industri Kosmetik & Perawatan Pribadi

Inkjet printer untuk industri produk perawatan diri Gressler Coding and Marking Solution

Aplikasi date coding berikutnya adalah dalam industri kosmetik dan perawatan pribadi yang mensyaratkan adanya date coding pada setiap produknya. Sama seperti industri farmasi, produk dalam sektor ini juga memiliki keterkaitan langsung dengan kesehatan konsumen. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk menyertakan informasi penting, seperti tanggal kadaluarsa, pada produk. Selain itu, date coding juga membantu perusahaan dalam melakukan kontrol kualitas produk dengan memeriksanya berdasarkan batch number.

Continuous inkjet printer merupakan jenis coding inkjet yang banyak digunakan untuk berbagai industri, salah satunya adalah industri kosmetik dan perawatan pribadi. Selain itu,ada thermal inkjet printer yang mampu mencetak pada berbagai bentuk kemasan, salah satunya pada produk kosmetik yang sering memiliki desain dan bentuk bervariasi. Bagi yang menginginkan cetakan tanpa dot matrix, thermal transfer overprinter dapat menjadi pilihan alternatif yang memungkinkan penghasilan cetakan dengan resolusi tinggi. 

4. Aplikasi Date Coding pada Industri Elektronik

inkjet printer untuk industri kommponen kimia Gressler

Barang elektronik memerlukan pencantuman informasi penting, seperti tanggal produksi, nomor seri, spesifikasi, maupun periode garansi pada setiap produk. Teknologi inkjet coding dapat menjadi solusi efektif untuk mencetak informasi tersebut pada produk berbahan logam, baja, dan berbagai bahan lainnya. Manfaat utama dari penggunaan inkjet coding dalam industri elektronik adalah untuk meminimalisir produk palsu, sehingga pengguna dapat dengan mudah memeriksa nomor seri yang tertera.

Salah satu tantangan aplikasi date coding untuk industri ini adalah warna produk elektronik yang cenderung gelap dan berukuran kecil, sehingga dibutuhkan mesin coding yang dapat mencetak dengan tinta terang dan ukuran kecil. Jenis laser marking adalah pilihan cocok untuk industri elektronik, karena dapat mencetak dengan permanen dengan ukuran yang kecil. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan CIJ maupun TIJ untuk perusahaan yang memiliki cost kecil.

5. Aplikasi Date Coding pada Industri Bahan Bangunan

aplikasi date coding pada industri bahan bangunan gressler indonesia

Industri bahan bangunan memiliki berbagai jenis produk dengan tipe yang beragam, sehingga dibutuhkan informasi yang jelas pada produk. Date coder atau coding machine memiliki peran krusial untuk bisa mencetak kode yang memungkinkan pengguna dan produsen untuk membedakan produk berdasarkan tipe. Distributor pun akan terbantu dengan adanya date coding, karena dapat melakukan klasifikasi dan penyortiran dengan efisien.

CIJ dan TTO adalah mesin coding yang dapat membantu industri bahan bangunan untuk mencetak berbagai informasi penting pada produk. Anda dapat menyesuaikan dengan hasil cetak yang diinginkan. Selain itu, Large character printer atau drop on demand juga merupakan jenis printer yang dapat mencetak karakter besar pada produk bahan bangunan, sehingga produk yang berukuran besar dapat dengan mudah diklasifikasi dengan printer ini.

Kesimpulan

Pentingnya mesin coding bagi industri saat ini telah mendorong penyebaran aplikasi date coding secara luas. Saat ini, berbagai regulasi mengharuskan penyertaan date coding pada produk sebagai langkah proaktif untuk memastikan transparansi informasi. Mesin coding sendiri memiliki beragam jenis, memungkinkan penggunaan yang disesuaikan dengan jenis material dan hasil cetak yang diinginkan.

 

Share artikel ini

Hubungi expert coding & marking kami hari ini

Jelajahi bagaimana continuous inkjet printers Gressler dapat meningkatkan operasional kemasan Anda!

Anda mungkin juga menyukai

Table of Contents

Share

giveaway banner pop up gressler east pack #v4 (1)