logo gressler 2024 utama 1 baris

Rekomendasi Mesin Cetak Expired Date untuk UMKM di Surabaya

Mesin Cetak Expired Date untuk UMKM di Semarang

Table of Contents

Saat ini tanggal kadaluwarsa atau expired date adalah barang wajib yang perlu dicantumkan pada produk yang memiliki masa kadaluwarsa. Salah satunya juga oleh pelaku UMKM di Surabaya. Sehingga, dibutuhkan mesin cetak expired date untuk UMKM di Surabaya yang dapat memudahkan setiap pekerjaan.

Artikel ini akan membahas lebih lanjut terkait mesin cetak expired date untuk umkm di Surabaya

Pengertian Mesin Cetak Expired Date untuk UMKM di Surabaya

mesin cetak expired date untuk umkm di Surabaya mesin coding

Mesin cetak expired date untuk UMKM atau sering juga disebut mesin coding, adalah alat yang digunakan untuk mencetak informasi expired date (tanggal kadaluwarsa), batch number, dan informasi lainnya pada kemasan produk. Mesin ini umumnya digunakan oleh industri makanan, minuman, farmasi, kosmetik, dan berbagai industri lainnya yang memproduksi produk dengan masa kadaluwarsa.

Fungsi Mesin Cetak Expired Date untuk UMKM di Surabaya

Di Surabaya, seperti di kota-kota lain di Indonesia, industri UMKM memegang peranan penting dalam perekonomian. UMKM bergerak di berbagai bidang, termasuk makanan dan minuman. Salah satu aspek penting dalam industri makanan dan minuman adalah pengelolaan tanggal kedaluwarsa produk.

1. Mencetak Tanggal Kedaluwarsa yang Akurat dan Jelas

Mesin Cetak Expired Date untuk UMKM di Surabaya indonesia

Mesin cetak expired date untuk UMKM berfungsi mencetak tanggal kedaluwarsa dengan akurat dan jelas pada kemasan produk. Hal ini penting untuk memberikan informasi yang tepat kepada konsumen tentang batas waktu aman untuk mengonsumsi produk.

2. Meningkatkan Efisiensi Produksi dan Pengelolaan Stok

Mesin cetak expired date untuk UMKM di Surabaya membantu meningkatkan efisiensi produksi dan pengelolaan stok. Dengan mencantumkan tanggal kedaluwarsa pada kemasan produk, UMKM dapat memantau stok produk dengan lebih mudah dan akurat.

3. Membangun Kepercayaan Konsumen dan Meningkatkan Reputasi Bisnis

cara melakukan marking adalah

Konsumen umumnya lebih percaya dengan produk yang mencantumkan tanggal kedaluwarsa dengan jelas. Hal ini menunjukkan komitmen UMKM terhadap kualitas dan keamanan produk. Penggunaan mesin cetak expired date dapat membantu UMKM dalam membangun kepercayaan konsumen dan meningkatkan reputasi bisnis.

4. Mematuhi Peraturan Perundang-undangan

Di Indonesia, pencantuman tanggal kedaluwarsa pada produk makanan dan minuman telah diatur dalam peraturan perundang-undangan, seperti Peraturan Badan POM No. 31 Tahun 2018 tentang Label Pangan Olahan. UMKM yang tidak mencantumkan tanggal kadaluwarsa dapat dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Rekomendasi Mesin Cetak Expired Date untuk UMKM di Surabaya

Di era modern ini, efisiensi dan keamanan produk menjadi kunci utama bagi UMKM untuk bertahan dan berkembang. Salah satu aspek penting dalam meningkatkan efisiensi dan keamanan produk adalah pengelolaan tanggal kedaluwarsa. Berikut ini adalah rekomendasi mesin cetak expired date untuk UMKM di Surabaya.

1. Thermal Inkjet Printer (TIJ)

Rekomendasi Mesin Cetak Expired Date untuk UMKM di Surabaya thermal inkjet printer

Thermal Inkjet Printer (TIJ) hadir sebagai solusi hemat dan efisien bagi UMKM untuk mencetak tanggal kadaluwarsa, batch number, dan informasi lainnya pada kemasan produk. TIJ Printer umumnya memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan mesin cetak tanggal kadaluwarsa jenis lain, seperti CIJ Printer dan Laser Printer. Selain itu, mesin cetak expired date untuk UMKM ini ini mudah digunakan, hemat tinta, dan dapat mencetak pada berbagai jenis kemasan.

2.  Continuous Inkjet Printer (CIJ)

Rekomendasi Mesin Cetak Expired Date untuk UMKM di Surabaya continuous inkjet printer

Continuous Inkjet Printer merupakan solusi berkualitas tinggi bagi UMKM yang membutuhkan mesin cetak tanggal kadaluwarsa, batch number, dan informasi lainnya dengan kecepatan tinggi dan hasil cetak tahan lama. Mesin ini cocok untuk UMKM yang memiliki skala produksi besar dan membutuhkan pencetakan informasi pada berbagai jenis kemasan.

Meskipun harga CIJ Printer relatif mahal dan membutuhkan perawatan yang lebih rumit, mesin ini tetap menjadi pilihan yang tepat bagi UMKM yang menginginkan solusi pencetakan tanggal kadaluwarsa dengan kualitas tinggi dan tahan lama.

3. Handheld Inkjet Printer

Rekomendasi Mesin Cetak Expired Date untuk UMKM di Surabaya handheld inkjet printer

Handheld Inkjet Printer membantu UMKM di Semarang dalam mencetak tanggal kedaluwarsa dan batch number pada kemasan produk dengan akurat dan jelas. Hal ini penting untuk memberikan informasi yang tepat kepada konsumen tentang batas waktu aman untuk mengonsumsi produk. Mesin ini cocok untuk UMKM yang memiliki skala produksi kecil hingga menengah dan membutuhkan solusi pencetakan yang mudah dibawa dan digunakan.

4. Thermal Transfer Overprinter (TTO)

Rekomendasi Mesin Cetak Expired Date untuk UMKM di Surabaya thermal transfer overprinter

Konsumen umumnya lebih memilih produk yang mencantumkan informasi dengan jelas dan menarik, sehingga produk yang menggunakan Thermal Transfer Overprinter berpotensi memiliki nilai jual yang lebih tinggi. TTO Printer merupakan solusi mesin cetak expired date untuk UMKM di Surabaya untuk mencetak tanggal kedaluwarsa, batch number, logo, dan informasi lainnya pada berbagai jenis kemasan dengan hasil cetak yang presisi dan tahan lama. Mesin ini cocok untuk UMKM yang ingin meningkatkan citra merek, efisiensi produksi, dan nilai produk.

Tips Memilih Mesin Cetak Expired Date untuk UMKM

Memilih mesin cetak expired date untuk UMKM di Surabaya dengan tepat merupakan langkah penting untuk meningkatkan efisiensi, meminimalisir pemborosan, dan membangun kepercayaan konsumen. Berikut ini adalah tips memilih yang sesuai kebutuhan Anda:

1. Pertimbangkan Skala Produksi

  • Skala Kecil: Untuk skala produksi kecil, Handheld Inkjet Printer atau Thermal Inkjet Printer (TIJ Printer) mungkin sudah cukup. Mesin ini mudah digunakan, hemat biaya, dan fleksibel untuk mencetak pada berbagai jenis kemasan.
  • Skala Menengah: Untuk skala produksi menengah, Continuous Inkjet Printer (CIJ Printer) atau Thermal Transfer Overprinter (TTO Printer) bisa menjadi pilihan. Mesin ini menawarkan kecepatan pencetakan yang lebih tinggi dan hasil cetak yang lebih tahan lama.
  • Skala Besar: Untuk skala produksi besar, Laser Printer dapat menjadi pilihan terbaik. Mesin ini memiliki kecepatan pencetakan tercepat dan hasil cetak yang paling tahan lama.

2. Perhatikan Jenis Kemasan

hasil cetak mesin coding thermal transfer overprinter gressler indonesia 3

  • Plastik: Semua jenis mesin cetak tanggal kedaluwarsa dapat mencetak pada plastik.
  • Aluminium: TIJ Printer, CIJ Printer, dan TTO Printer dapat mencetak pada aluminium.
  • Karton: Semua jenis mesin cetak tanggal kedaluwarsa dapat mencetak pada karton.
  • Kaca: TTO Printer dan Laser Printer dapat mencetak pada kaca.

3. Fitur dan Spesifikasi

  • Kecepatan Pencetakan: Pilih mesin dengan kecepatan pencetakan yang sesuai dengan kebutuhan produksi Anda.
  • Resolusi Cetak: Semakin tinggi resolusi cetak, semakin detail hasil cetaknya.
  • Ukuran Tinta: Pilih mesin dengan ukuran tinta yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Fitur Tambahan: Beberapa mesin memiliki fitur tambahan seperti pencetakan barcode, logo, dan informasi lainnya.

4. Anggaran

Tetapkan anggaran yang realistis untuk pembelian mesin cetak tanggal kedaluwarsa. Pastikan Anda mempertimbangkan biaya mesin, tinta, dan perawatan.

5. Konsultasikan dengan Ahli

Jika Anda masih bingung dalam memilih mesin yang tepat, konsultasikan dengan ahli mesin cetak tanggal kedaluwarsa. Mereka dapat membantu Anda dalam memilih mesin yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Kesimpulan

Memilih mesin cetak expired date untuk UMKM di Surabaya dengan tepat merupakan langkah penting untuk meningkatkan efisiensi, meminimalisir pemborosan, dan membangun kepercayaan konsumen. Setiap jenis mesin coding atau mesin expired date memiliki keunggulan dan spesifikasi beberda, sehingga Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan.

Share artikel ini

Hubungi expert coding & marking kami hari ini

Jelajahi bagaimana continuous inkjet printers Gressler dapat meningkatkan operasional kemasan Anda!

Anda mungkin juga menyukai

Table of Contents

Share

giveaway banner pop up gressler east pack #v4 (1)