logo gressler 2024 utama 1 baris

Catat! Peraturan Tanggal Kadaluarsa yang Perlu Anda Ketahui

fase produksi Waktu yang Tepat untuk Menerapkan peraturan Tanggal tanggal kadaluarsa

Table of Contents

Peraturan tanggal kadaluarsa memainkan peran penting dalam memastikan keamanan dan kualitas produk yang beredar di pasaran. Tanggal kadaluarsa tidak hanya menjadi panduan bagi konsumen untuk mengetahui masa pakai produk, tetapi juga merupakan bentuk tanggung jawab produsen dalam menjaga kesehatan publik.

Artikel ini akan membahas lebih lanjut terkait peraturan dan standar tanggal kadaluarsa yang perlu Anda ketahui untuk aplikasi produk Anda.

Mengapa Peraturan Tanggal Kadaluarsa Penting?

Mengapa Peraturan Tanggal Kadaluarsa Penting

Tanggal kadaluarsa adalah informasi yang tercantum pada kemasan produk untuk menunjukkan batas waktu di mana produk tersebut masih layak untuk dikonsumsi atau digunakan. Pencantuman tanggal kadaluarsa pada produk termasuk mematuhi peraturan tanggal kadaluarsa yang terlah diterbitkan.

Peraturan tanggal kadaluarsa adalah serangkaian regulasi yang ditetapkan oleh otoritas kesehatan dan keselamatan untuk memastikan bahwa produsen mencantumkan informasi tanggal kadaluarsa yang akurat dan jelas pada kemasan produk mereka.

Berikut ini adalah alasan mengapa peraturan tanggal kadaluarsa penting:

Keamanan Konsumen

Keamanan konsumen adalah alasan utama di balik peraturan tanggal kadaluarsa. Produk yang melewati tanggal kadaluarsa dapat mengalami penurunan kualitas, sehingga berpotensi membahayakan kesehatan konsumen. Dengan adanya regulasi tanggal kadaluarsa, produsen diharuskan mencantumkan informasi yang akurat dan jelas pada kemasan produk mereka.

Baca juga: Apa Pentingnya Tanggal Kadaluarsa untuk Keamanan Konsumen?

Kepatuhan Hukum

Kepatuhan terhadap peraturan tanggal kadaluarsa juga penting untuk menghindari implikasi hukum yang bisa merugikan produsen. Setiap negara memiliki regulasi yang mengatur pencantuman tanggal kadaluarsa, dan pelanggaran terhadap regulasi tanggal kadaluarsa dapat mengakibatkan sanksi berat, termasuk denda besar dan penarikan produk dari pasar.

Kepercayaan Konsumen

Membangun dan mempertahankan kepercayaan konsumen merupakan aspek penting dalam bisnis. Kepatuhan terhadap peraturan tanggal kadaluarsa menunjukkan komitmen produsen terhadap kualitas dan keselamatan produk mereka. Konsumen cenderung lebih percaya pada produk yang mencantumkan tanggal kadaluarsa dengan jelas dan akurat, karena ini menunjukkan bahwa produsen peduli terhadap kesehatan dan kesejahteraan mereka.

Jenis-jenis Peraturan Tanggal Kadaluarsa

Kepatuhan terhadap regulasi tanggal kadaluarsa tidak hanya melindungi konsumen dari risiko kesehatan, tetapi juga memastikan integritas dan kepercayaan terhadap merek dan produsen. Di Indonesia, tanggung jawab pengawasan tanggal kadaluarsa dipegang oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), yang menetapkan standar dan pedoman yang ketat. Berikut ini adalah lembaga yang membuat regulasi tanggal kadaluarsa:

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mesin cetak kode gressler

Di Indonesia, peraturan tanggal kadaluarsa diawasi oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). BPOM memiliki tanggung jawab utama untuk memastikan bahwa semua produk makanan, minuman, obat-obatan, dan kosmetik yang beredar di pasar domestik memenuhi standar keamanan dan kualitas yang ketat. BPOM menetapkan peraturan dan pedoman yang harus diikuti oleh produsen dan distributor, termasuk persyaratan pencantuman tanggal kadaluarsa pada kemasan produk.

Baca juga: 5 Alasan Pentingnya Mencetak Expired Date pada Produk

Lembaga Internasional

Selain pengawasan dari BPOM, peraturan tanggal kadaluarsa juga dipengaruhi oleh standar internasional yang ditetapkan oleh berbagai lembaga global. Organisasi seperti Codex Alimentarius Commission, yang didirikan oleh Food and Agriculture Organization (FAO) dan World Health Organization (WHO), menetapkan pedoman internasional untuk keamanan pangan, termasuk penetapan dan pencantuman tanggal kadaluarsa.

Waktu yang Tepat untuk Menerapkan Peraturan Tanggal Kadaluarsa

Regulasi tanggal kadaluarsa harus diterapkan pada berbagai tahap produksi dan distribusi produk untuk memastikan keamanan dan kualitas produk hingga sampai ke tangan konsumen. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang fase produksi dan perubahan regulasi yang mempengaruhi penerapan tanggal expired date.

Fase Produksi

fase produksi Waktu yang Tepat untuk Menerapkan peraturan Tanggal tanggal kadaluarsa

Pada tahap produksi, penetapan dan pencantuman tanggal kadaluarsa harus dilakukan dengan teliti. Proses ini melibatkan beberapa langkah penting:

  1. Formulasi Produk: Pada tahap ini, produsen menentukan umur simpan produk berdasarkan uji stabilitas yang dilakukan di laboratorium. Hasil uji stabilitas memberikan data ilmiah tentang berapa lama produk tetap aman dan efektif untuk digunakan.
  2. Pengemasan: Setelah umur simpan ditentukan, tanggal kadaluarsa harus dicantumkan pada kemasan produk. Teknologi pencetakan tanggal seperti mesin coding dan handheld printer digunakan untuk mencetak tanggal secara jelas dan akurat.
  3. Distribusi: Selama proses distribusi, produsen dan distributor harus memastikan bahwa produk yang mendekati tanggal kadaluarsa diprioritaskan untuk dijual terlebih dahulu. Ini membantu mengurangi risiko produk kadaluarsa beredar di pasaran.

Perubahan Regulasi

Regulasi tanggal kadaluarsa dapat berubah seiring waktu, baik di tingkat nasional maupun internasional. Pembaruan ini mungkin disebabkan oleh temuan ilmiah baru, insiden keamanan produk, atau perubahan dalam kebijakan pemerintah. Oleh karena itu, penting bagi produsen untuk selalu memantau dan menerapkan regulasi terbaru. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu diambil:

  1. Pemantauan Reguler: Produsen harus terus memantau peraturan yang berlaku dan memastikan bahwa mereka mematuhi semua perubahan yang diumumkan oleh badan pengawas seperti BPOM dan lembaga internasional terkait.
  2. Penyesuaian Proses Produksi: Setiap perubahan regulasi harus segera diintegrasikan ke dalam proses produksi. Ini termasuk penyesuaian pada uji stabilitas, pencetakan tanggal, dan prosedur distribusi.
  3. Pelatihan dan Pengawasan: Karyawan yang terlibat dalam proses produksi dan distribusi harus mendapatkan pelatihan tentang peraturan baru. Pengawasan yang ketat juga diperlukan untuk memastikan kepatuhan penuh terhadap regulasi yang diperbaru

Tempat Pencantuman Tanggal Kadaluarsa

Menentukan lokasi yang tepat untuk mencantumkan tanggal expired date pada kemasan produk sangat penting untuk memastikan bahwa informasi ini mudah ditemukan dan dibaca oleh konsumen. Berdasarkan peraturan tanggal kadaluarsa, berikut adalah penjelasan tentang lokasi pencantuman dan pentingnya kejelasan dan keterbacaan.

Lokasi Pencantuman

Tempat Pencantuman Tanggal Kadaluarsa

Peraturan tanggal kadaluarsa mengharuskan produsen untuk mencantumkan informasi penting ini di tempat yang mudah dilihat oleh konsumen. Lokasi pencantuman yang disarankan meliputi:

  1. Bagian Atas atau Samping Kemasan: Tanggal kadaluarsa sering kali dicantumkan di bagian atas atau samping kemasan produk, terutama pada produk yang dijual di rak-rak supermarket.
  2. Dekat Label Utama: Menempatkan tanggal kadaluarsa di dekat label utama atau informasi produk lainnya juga umum dilakukan.
  3. Penutup atau Tutup Botol: Pada produk-produk seperti minuman atau makanan kaleng, tanggal kadaluarsa sering dicantumkan pada penutup atau tutup botol. Hal ini memudahkan konsumen untuk memeriksa tanggal kadaluarsa saat membuka produk.
  4. Bagian Bawah Kemasan: Untuk produk yang memiliki kemasan berbentuk kotak atau tabung, tanggal kadaluarsa sering kali dicetak pada bagian bawah kemasan.

Kejelasan dan Keterbacaan

Kejelasan dan Keterbacaan Tempat Pencantuman Tanggal Kadaluarsa

Pentingnya kejelasan dan keterbacaan tanggal kadaluarsa tidak bisa diabaikan. Peraturan tanggal kadaluarsa menekankan bahwa informasi ini harus dapat dibaca dengan mudah oleh konsumen. Beberapa faktor yang mempengaruhi kejelasan dan keterbacaan termasuk:

  1. Ukuran Font dan Kontras Warna: Tanggal kadaluarsa harus dicetak dengan ukuran font yang cukup besar dan kontras warna yang memadai terhadap latar belakang kemasan.
  2. Penggunaan Teknologi Pencetakan yang Tepat: Teknologi seperti Continuous Inkjet Printer (CIJ) atau Thermal Inkjet Printer (TIJ) digunakan untuk mencetak tanggal kadaluarsa dengan presisi tinggi.
  3. Penghindaran Area yang Tertutup atau Terlipat: Produsen harus menghindari mencantumkan tanggal kadaluarsa pada area kemasan yang mungkin tertutup oleh elemen desain lain atau terlipat saat penyimpanan.
  4. Penempatan pada Area Datar dan Rata: Mencantumkan tanggal kadaluarsa pada area datar dan rata dari kemasan membantu menjaga keterbacaan. Area yang tidak rata atau melengkung dapat membuat informasi menjadi sulit dibaca atau terdistorsi.

Baca juga: Catat! Cara Membaca Expired Date yang Tepat pada Produk

Kesimpulan

Peraturan tanggal kadaluarsa memainkan peran penting dalam memastikan keamanan dan kualitas produk yang beredar di pasaran. Tanggal kadaluarsa tidak hanya menjadi panduan bagi konsumen untuk mengetahui masa pakai produk, tetapi juga merupakan bentuk tanggung jawab produsen dalam menjaga kesehatan publik. Dengan mematuhi peraturan ini, produsen dapat melindungi konsumen dari risiko kesehatan, mematuhi hukum yang berlaku, dan membangun kepercayaan konsumen.

Share artikel ini

Hubungi expert coding & marking kami hari ini

Jelajahi bagaimana continuous inkjet printers Gressler dapat meningkatkan operasional kemasan Anda!

Anda mungkin juga menyukai

Table of Contents

Share