logo gressler 2024 utama 1 baris

7 Tipe Mesin Expired Date untuk Industri Makanan di Makassar

kaleng industri makanan di makassar menggunakan mesin expired date

Table of Contents

Makassar, sebagai salah satu kota besar di Indonesia, memiliki industri makanan dan minuman yang berkembang pesat. Industri makanan di Makassar tidak hanya menjadi sumber utama penyediaan pangan bagi masyarakat lokal, tetapi juga berperan penting dalam perekonomian kota. Dengan semakin meningkatnya permintaan konsumen terhadap produk yang aman dan berkualitas, pencantuman tanggal kedaluwarsa pada kemasan produk menjadi sangat krusial.

Oleh karena itu, dibutuhkan mesin expired date atau mesin pencetak tanggal kadaluwarsa yang dapat mengefisiensikan operasional pabrik secara otomatis. Dalam artikel ini akan dibahas lebih lanjut terkait rekomendasi mesin expired date untuk industri makanan di Makassar.

Apa itu Mesin Expired Date?

Integrasi dengan platform digital teknologi qr code

Mesin expired date, atau mesin pencetak tanggal kedaluwarsa, adalah perangkat otomatis yang digunakan untuk mencetak tanggal kedaluwarsa, tanggal produksi, nomor batch, dan informasi penting lainnya pada kemasan produk. Mesin ini menggunakan berbagai teknologi pencetakan seperti inkjet, thermal transfer, dan laser marking untuk memastikan informasi yang dicetak jelas, akurat, dan tahan lama.

Mesin expired date memastikan setiap produk makanan yang diproduksi memiliki informasi tanggal kedaluwarsa yang jelas. Langkah ini penting untuk menjaga keamanan konsumen, karena mereka dapat dengan mudah mengetahui hingga kapan produk tersebut aman untuk dikonsumsi. Dengan informasi yang akurat, risiko keracunan makanan atau masalah kesehatan lainnya akibat mengonsumsi produk yang sudah kadaluwarsa dapat diminimalisir.

Rekomendasi Mesin Expired Date untuk Industri Makanan di Makassar

Di tengah persaingan industri makanan yang semakin ketat, menjaga kualitas dan keamanan produk menjadi prioritas utama bagi pelaku usaha di Makassar. Salah satu aspek krusial dalam memastikan kualitas produk adalah pencantuman tanggal kedaluwarsa yang akurat dan jelas. Berikut ini adalah rekomendasi mesin expired date untuk industri makanan dan minuman di Makassar:

1. Continuous Inkjet Printer (CIJ)

Rekomendasi Mesin Cetak Expired Date untuk UMKM di Semarang continuous inkjet printer

Continuous inkjet printer dari Gressler adalah pilihan ideal untuk kebutuhan pencetakan tanggal kedaluwarsa pada produk dengan produksi massal. Mesin ini mampu mencetak pada kecepatan tinggi dan pada berbagai permukaan, baik datar maupun tidak rata. Teknologi CIJ juga memungkinkan pencetakan yang tahan lama dan cepat kering, sehingga sangat cocok untuk industri makanan yang membutuhkan kecepatan dan efisiensi.

GC-1600Specification
Display10.1 inch
Character Height2-20 mm
Printing Distance12 mm
Printing LinesMax 5 lines
Printing SpeedMax 284 m/m
Nozzle Size40 μm, 60 μm, 75 μm

2. Thermal Inkjet Printer (TIJ)

Rekomendasi Mesin Cetak Expired Date untuk UMKM di Semarang thermal inkjet printer

Thermal inkjet printer dari Gressler menawarkan kualitas cetak yang tinggi dengan resolusi yang tajam dan jelas. Mesin ini menggunakan teknologi pemanasan tinta yang memastikan hasil cetak kering seketika. TIJ sangat ideal untuk produk dengan permukaan datar dan dapat digunakan pada berbagai jenis kemasan makanan, termasuk karton, plastik, dan foil.

GT-1000Specification
Display7 inch
Print Height12.7 -25.4 mm
Print Resolution150 - 600 DPI
Print Speed40 m/m
Power100-240 VAC, 50-60Hz, DC24V 2.5A

3. Laser Marking

Mesin laser marking dari Gressler menyediakan solusi pencetakan yang permanen dan sangat tahan lama. Teknologi laser ini mampu mencetak tanggal kedaluwarsa, nomor batch, dan informasi lainnya dengan presisi tinggi tanpa memerlukan bahan habis pakai seperti tinta atau ribbon. Cocok untuk kemasan yang sulit dicetak seperti kaca, logam, dan plastik keras.

4. Feeder

Feeder adalah alat yang efisien untuk mengotomatisasi proses pencetakan pada produk dengan bentuk dan ukuran yang bervariasi. Feeder ini bekerja dengan menyortir dan mengarahkan produk ke mesin pencetak secara otomatis, mengurangi kebutuhan akan tenaga kerja manual dan meningkatkan produktivitas. Sangat cocok untuk lini produksi besar di industri makanan.

5. Handheld Inkjet Printer

Rekomendasi Mesin Cetak Expired Date untuk UMKM di Semarang handheld inkjet printer

Mesin handheld inkjet printer dari Gressler adalah solusi fleksibel untuk pencetakan tanggal kedaluwarsa pada produk dengan berbagai ukuran dan bentuk. Mesin portabel ini mudah digunakan dan ideal untuk bisnis skala kecil hingga menengah yang membutuhkan mobilitas dan kemudahan penggunaan. Hasil cetakannya juga berkualitas tinggi dan cepat kering.

6. Thermal Transfer Overprinter (TTO)

Rekomendasi Mesin Cetak Expired Date untuk UMKM di Semarang thermal transfer overprinter

Thermal transfer overprinter dari Gressler menawarkan pencetakan berkualitas tinggi pada berbagai jenis kemasan fleksibel. TTO ideal untuk mencetak barcode, tanggal kedaluwarsa, dan grafik pada kemasan plastik, film, dan label. Teknologi ini memastikan hasil cetak yang tahan lama dan tajam, sehingga cocok untuk industri makanan di Makassar yang memerlukan informasi yang jelas dan terbaca.

GE-2000Specification
Print Head32mm width, 300 DPI (12 dots/mm)
Print Area32mm x 60mm,
32mm x 150mm
Print SpeedUp to 40 m/m
Ribbon Length500 m
Ribbon Width25 mm x 33 mm

7. Large Character Printer (DOD)

brosur large character printer gressler indonesia

Large character printer (DOD) dirancang untuk mencetak karakter besar pada kemasan sekunder seperti karton dan peti kemas. Mesin ini sangat berguna untuk mencetak informasi seperti tanggal kedaluwarsa, kode produk, dan logo perusahaan dengan ukuran besar yang mudah dibaca. Large character printer sangat cocok untuk gudang dan distribusi besar dalam industri makanan.

GD-1000Specification
Print Height7 dots 5-28mm
16 dots 5-64mm
32 dots 5-128mm
Print Speed63 m/m
Printing Distance3-30 mm
Printing Lines1-4 lines

Manfaat Mesin Expired Date untuk Industri Makanan di Makassar

Industri makanan di Makassar terus berkembang seiring dengan meningkatnya permintaan konsumen akan produk yang berkualitas dan aman untuk dikonsumsi. Salah satu aspek penting dalam memastikan kualitas dan keamanan produk adalah pencantuman tanggal kedaluwarsa yang akurat dan jelas. Berikut ini adalah manfaat mesin expired date untuk industri makanan di Makassar:

1. Kepatuhan terhadap Regulasi

rekomendasi mesin expired date untuk industri makanan di makassar

Pemerintah mengatur secara ketat pencantuman tanggal kedaluwarsa pada produk makanan untuk melindungi konsumen. Menggunakan mesin expired date memastikan bahwa setiap produk yang keluar dari lini produksi memenuhi standar regulasi yang berlaku, sehingga menghindarkan perusahaan dari masalah hukum dan denda.

2. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

mesin expired date untuk industri makanan di makassar

Konsumen cenderung lebih percaya pada produk yang memiliki informasi kedaluwarsa yang jelas dan akurat. Dengan menggunakan mesin expired date, produsen dapat menjamin bahwa setiap produk memiliki tanggal kedaluwarsa yang terbaca dengan jelas, yang pada gilirannya meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap merek tersebut.

3. Efisiensi Operasional

mesin cetak expired date untuk industri makanan di makassar

Mesin expired date membantu mengotomatisasi proses pencetakan tanggal kedaluwarsa, mengurangi kesalahan manual, dan mempercepat waktu produksi. Ini sangat penting untuk industri makanan di Makassar yang ingin meningkatkan produktivitas dan efisiensi operasionalnya.

4. Mengurangi Pemborosan

Dengan mencetak tanggal kedaluwarsa yang akurat, produsen dapat lebih baik mengelola stok dan mengurangi risiko produk yang tidak terjual karena melewati tanggal kedaluwarsa. Ini membantu dalam pengendalian inventaris dan mengurangi pemborosan di industri makanan di Makassar.

5. Meningkatkan Keamanan Produk

kaleng industri makanan di makassar menggunakan mesin expired date

Tanggal kedaluwarsa yang jelas membantu dalam memastikan bahwa produk yang sampai ke tangan konsumen masih dalam kondisi baik dan aman untuk dikonsumsi. Hal ini penting untuk menjaga reputasi perusahaan dan mencegah masalah kesehatan konsumen industri makanan di Makassar.

Share artikel ini

Hubungi expert coding & marking kami hari ini

Jelajahi bagaimana continuous inkjet printers Gressler dapat meningkatkan operasional kemasan Anda!

Anda mungkin juga menyukai

Table of Contents

Share

giveaway banner pop up gressler east pack #v4 (1)