logo gressler 2024 utama 1 baris

Jual Mesin Cetak Kode Produksi Gressler Terlengkap 2024

date coding machine printer continuous inkjet printer gressler indonesia

Table of Contents

Mesin cetak kode produksi adalah mesin yang digunakan dalam industri manufaktur untuk mencetak informasi tertentu pada produk atau kemasan selama proses produksi. Tujuan utama dari mesin ini adalah memberikan identifikasi unik pada setiap item yang diproduksi, termasuk informasi seperti tanggal produksi, nomor batch, atau kode produk.

Dengan menggunakan teknologi cetak terbaru, mesin kode produksi membantu dalam pelacakan, manajemen inventaris, dan pemenuhan regulasi tertentu dalam industri. Mesin kode produksi ini dapat memberikan identifikasi unik pada setiap produk atau kemasan dan hasil cetak dapat berupa kode angka, huruf, atau kombinasi lainnya yang dapat diinterpretasikan untuk memberikan informasi khusus.

Simak artikel di bawah ini untuk mempelajari lebih lanjut terkait mesin cetak kode produksi.

Pilihan Mesin Cetak Kode Produksi Gressler

continuous inkjet printer mesin coding inkjet otomatis gressler indonesia

Continuous Inkjet Printer

GC1400, GC-1600, GC-1700, GC-2000

thermal inkjet printer mesin coding inkjet otomatis gressler indonesia

Thermal Inkjet Printer

GT-1000, GT-2000

thermal transfer overprinter mesin coding inkjet otomatis gressler indonesia

Thermal Transfer Overprinter

GE-1000, GE-2000, GE-3000

cms gressler package rewinder tjr mesin coding otomatis gressler

CMS Package Series TIJ with Rewinder

CMS-TJR-4-1030

mesin inkjet coding CMS-Package-Series-TJC-Conveyor-with-TIJ-Mesin-coding-gressler (Medium)

CMS Package Series TIJ with Conveyor

CMS-TJC-1-1060

Consumable mesin coding inkjet otomatis gressler indonesia

Consumable

Tinta, cartridge, ribbon, spare part

Harga Mesin Cetak Kode Produksi dari Gressler

Catatan:

1. Opsi pembelian Lump Sum per bulan sudah termasuk mesin, consumable, servis, dan spare part (All in).

2. Opsi pembelian One Price per Print menggunakan harga yang kompetitif untuk biaya cetak per kemasan.

Pengertian Mesin Cetak Kode Produksi

mesin cetak kode produksi mesin expired date gressler indonesia

Mesin cetak kode produksi adalah mesin yang memberikan identifikasi unik pada setiap produk atau kemasan dengan mencetak informasi produksi penting, seperti tanggal produksi, nomor batch, atau kode produk. Mesin kode produksi ini beroperasi dengan berbagai teknologi cetak, termasuk inkjet, laser, atau thermal inkjet. Pencetakan kode produksi memungkinkan pelacakan produk sepanjang rantai pasokan.

Mesin kode produksi adalah perangkat yang digunakan dalam proses manufaktur untuk mencetak atau menandai kode pada produk. Kode-kode ini dapat berupa tanggal kedaluwarsa, nomor batch, kode produk, atau informasi lain yang penting untuk pelacakan dan identifikasi produk.

Pelacakan produk yang efisien akan memudahkan dalam mendeteksi dan mengatasi masalah yang mungkin muncul selama proses produksi atau distribusi. Selain itu, mesin cetak coding mendukung pemenuhan regulasi industri dengan mencetak informasi sesuai dengan standar keamanan yang berlaku.

Beberapa mesin cetak kode produksi memiliki kemampuan untuk terhubung dengan sistem informasi manufaktur secara langsung. Integrasi ini memungkinkan pertukaran data yang lebih lancar, pengawasan real-time, dan pengaturan yang lebih terpusat dalam proses produksi.

Di samping itu, sebagian besar mesin kode produksi terkini dirancang dengan mempertimbangkan keberlanjutan dan efisiensi energi. Pilihan tinta yang ramah lingkungan dan mode hemat energi dapat menjadi pertimbangan penting.

Jenis-jenis Mesin Cetak Kode Produksi Gressler

Jenis-jenis mesin cetak kode produksi Gressler mencakup berbagai teknologi mutakhir yang membantu perusahaan meningkatkan efisiensi produksi dan kepatuhan terhadap standar kualitas. Berikut ini jenis-jenis mesin coding inkjet otomatis yang dapat Anda jadikan referensi:

1. Continuous Inkjet Printer (CIJ)

GC-1400-2 Gressler Continuous Inkjet Printer Print Coding Solutions

Continuous Inkjet Printer (CIJ) dari Gressler Indonesia menjadi solusi unggul dalam pencetakan kode produksi di berbagai industri. CIJ mampu beroperasi pada kecepatan tinggi di jalur produksi, memastikan pencetakan marka dan kode pada setiap produk atau kemasan secara efisien dan akurat.

Selain itu, Printer ini memberikan hasil cetakan yang permanen, memastikan informasi seperti tanggal produksi, nomor batch, dan informasi lainnya tetap terbaca dan tidak mudah pudar seiring waktu.

2. Thermal Inkjet Printer(TIJ)

Thermal Inkjet Printer Gressler Indonesia GT1000

Thermal Inkjet Printer (TIJ) merupakan jenis mesin cetak kode produksi yang menggunakan teknologi pemanasan untuk mengalirkan tinta ke permukaan media pencetakan. Mesin ini menggunakan proses pemanasan mikro yang terkontrol secara presisi untuk mengeluarkan tinta dari nozzle ke permukaan cetak. Mesin ini dirancang dengan antarmuka pengguna yang ramah, termasuk pengendalian melalui layar sentuh yang intuitif. Hal ini membuat operasionalnya mudah diakses dan diatur oleh pengguna.

Gressler Thermal Inkjet Printer memberikan fleksibilitas tinggi dalam mencetak berbagai jenis kode, termasuk teks, barcode, dan grafis. Keberagaman fungsionalitas ini membuatnya cocok untuk berbagai kebutuhan pencetakan industri.

3. Thermal Transfer Overprinter (TTO) Mesin Cetak Kode Produksi

GE-2000-1 Printer Thermal Transfer Overprint TTO Gressler

Thermal Transfer Overprinter (TTO) adalah jenis mesin kode produksi yang menggunakan teknologi print head termal untuk menerapkan tinta dari pita ke berbagai material kemasan, termasuk film fleksibel, kantong, label, dan kertas. Thermal Transfer Overprinter Gressler menggunakan print head termal untuk mengaplikasikan tinta dengan presisi tinggi ke permukaan material kemasan.

Spesifikasi tersebut memastikan hasil cetakan yang jelas dan akurat, termasuk teks, barcode, logo, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, kode shift, dan informasi waktu real-time. Mesin kode produksi dirancang untuk mencetak pada berbagai jenis material kemasan, seperti film fleksibel, kantong, label, dan kertas.

4. Large Character Printer (DOD)

GD-1000-1 Large Character Printer DOD Gressler Coding Solution from Germany

Large Character Printer (DOD) umumnya digunakan dalam berbagai aplikasi seperti pelabelan produk, pengemasan, dan marking. Teknologi DOD bekerja dengan cara menyemprotkan tetes-tetes kecil tinta ke permukaan material, seperti karton atau kertas, untuk membentuk teks, grafis, atau barcode. Printer ini khusus dirancang untuk mencetak karakter besar, membuatnya ideal untuk kebutuhan yang menuntut cetakan yang terlihat jelas, terutama pada produk atau kemasan yang lebih besar.

5. CMS Package  Series (TIJ with Conveyor & TIJ with Rewinder)

Gressler Package Series CMS-TJC-1-1060 dan CMS-TJR-4-1030 adalah solusi komprehensif yang dirancang untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam proses pencetakan dan marking industri.

CMS Package Series TJC Conveyor with TIJ Mesin coding gressler

Gressler Package Series CMS-TJC-1-1060 hadir dengan desain yang kompak, memudahkan pemasangan, dan sangat dapat diaplikasikan untuk berbagai kebutuhan. Keunggulan utama dari paket ini terletak pada kemampuannya untuk mengonvey produk halus dengan sabuk konveyor yang dapat disesuaikan sesuai kebutuhan.

cms gressler package rewinder tjr mesin coding otomatis gressler

Gressler CMS-TJR-4-1030 dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan pencetakan dan rewinding dalam satu mesin. Mesin ini dirancang untuk memutar gulungan penuh dari berbagai produk label secara sinkron dan berkelanjutan untuk meningkatkan efisiensi produksi secara keseluruhan.

Manfaat Mesin Cetak Kode Produksi

Mesin cetak kode produksi memberikan berbagai manfaat penting dalam konteks proses manufaktur dan pengelolaan produk. Berikut adalah enam manfaat utama dari penggunaan mesin kode produksi:

1. Pelacakan dan pemantauan produk

Printer kode produksi memungkinkan pencetakan informasi seperti tanggal produksi, nomor batch, atau kode produk unik pada setiap item. Informasi yang dicetak, seperti tanggal produksi, nomor batch, atau kode produk, memungkinkan pelacakan produk sepanjang rantai pasokan. Pencetakan ini memudahkan pelacakan produk sepanjang rantai pasokan dan memberikan data pemantauan yang diperlukan untuk keamanan dan kepatuhan.

Dengan informasi yang jelas dan terstruktur, perusahaan dapat mengelola stok dengan lebih efisien. Mesin cetak kode produksi membantu mencegah kesalahan dalam mengelola persediaan, mengurangi risiko produk yang kedaluwarsa, dan meningkatkan putaran stok secara keseluruhan.

2. Manajemen inventaris yang efisien

Manajemen Inventaris yang Efisien mesin cetak kode produksi

Manajemen inventaris yang efisien pada perusahaan dapat mengurangi biaya penyimpanan. Dengan mesin kode produksi otomatis perusahaan dapat menjaga persediaan pada tingkat yang optimal, menghindari kelebihan stok yang memerlukan ruang penyimpanan tambahan, dan mengurangi biaya terkait. Informasi yang jelas tentang inventaris memungkinkan perusahaan untuk merencanakan produksi dengan lebih akurat.

Dengan melacak setiap item dalam inventaris, perusahaan dapat memantau konsumsi bahan baku. Pemantauan ini dapat membantu dalam perencanaan pembelian bahan baku, mengurangi kelebihan stok, dan meminimalkan pemborosan.

3. Pemenuhan regulasi dan keamanan produk

mesin cetak kode produksi Pemenuhan Regulasi dan Keamanan Produk

Mesin cetak kode produksi memastikan pencetakan informasi yang diperlukan untuk memenuhi regulasi industri dan standar yang berlaku. Informasi ini mencakup mencetak tanggal kedaluwarsa (expired date), nomor batch, kode produk, dan informasi penting lainnya sesuai dengan persyaratan hukum yang berlaku. Informasi yang jelas dan tercetak dengan baik pada setiap produk memberikan keamanan kepada konsumen.

Pemenuhan regulasi dan keamanan produk melalui mesin cetak kode produksi otomatis mendukung pembentukan reputasi merek yang lebih baik. Konsumen cenderung lebih mempercayai dan memilih produk dari perusahaan yang memastikan kepatuhan dan keamanan produk.

4. Meningkatkan akurasi dan efisiensi produksi

Meningkatkan Akurasi dan Efisiensi Produksi mesin kode produksi gressler

Informasi yang jelas dan tercetak pada setiap produk membantu dalam pemilihan dan pengemasan yang lebih efisien. Karyawan di perusahaan dapat dengan cepat mengidentifikasi dan memproses produk yang diperlukan, meningkatkan kecepatan dan akurasi pada tahap-tahap ini. Mesin kode produksi mengurangi risiko human error yang dapat terjadi pada proses pencetakan manual.

Dengan akurasi dan efisiensi yang meningkat dalam seluruh rantai produksi, perusahaan dapat mencapai peningkatan produktivitas keseluruhan. Hal ini mencakup peningkatan throughput, pengurangan waktu siklus, dan peningkatan efisiensi operasional.

5. Pencegahan pemalsuan dan keaslian produk

Pencegahan Pemalsuan dan Keaslian Produk mesin cetak kode

Setiap produk dapat diberikan kode unik atau serial number melalui mesin coding. Penggunaan mesin coding dapat memudahkan pelacakan dan memastikan bahwa setiap produk dapat diidentifikasi secara individual, sehingga mengurangi risiko produk palsu. Informasi yang dicetak pada produk memungkinkan konsumen untuk memverifikasi keaslian produk dengan mudah. Mereka dapat memeriksa kode atau melakukan pemeriksaan visual untuk memastikan bahwa produk yang mereka beli adalah produk asli.

6. Mesin cetak kode produksi menawarkan fleksibilitas dan adaptabilitas

Inkjet printer untuk industri makanan dan minuman Gressler coding and marking from Germany

Keunggulan mesin coding terletak pada kemampuannya untuk mencetak pada berbagai material kemasan, termasuk plastik, kertas, karton, dan film fleksibel. Fleksibilitas memungkinkan produsen untuk mengemas produk dengan material yang paling sesuai tanpa kehilangan kemampuan mencetak.

Di samping itu, mesin expired date mendukung penggunaan berbagai jenis tinta, termasuk tinta yang tahan air atau cepat kering. Pilihan ini memberikan kebebasan untuk memilih tinta yang sesuai dengan karakteristik material dan kondisi lingkungan produksi.

Macam-macam Kode Produksi

Mesin cetak kode dapat mencetak berbagai jenis kode untuk memberikan informasi penting pada produk atau kemasan. Berikut adalah beberapa macam-macam kode produksi yang sering dicetak menggunakan mesin kode:

1. Tanggal kedaluwarsa (expiration date)tanggal kadaluwarsa mesin cetak kode produksi

Kode produksi sering mencakup tanggal kedaluwarsa untuk memberikan informasi tentang masa berlaku produk. Informasi ini penting untuk keamanan konsumen dan kepatuhan terhadap regulasi.

Mesin Expired Date, atau yang sering disebut juga sebagai mesin pencetak tanggal kedaluwarsa, adalah mesin yang digunakan dalam proses produksi untuk mencetak tanggal kedaluwarsa pada kemasan produk. Fungsi utama dari mesin ini adalah untuk memberikan informasi jelas tentang batas waktu konsumsi atau penggunaan produk kepada konsumen.

2. Nomor batch (batch code)

hasil Penomoran seri atau batch (coding batch number) mesin coding inkjet otomatis gressler indonesia

Nomor batch digunakan untuk identifikasi dan pelacakan produk yang diproduksi dalam satu siklus produksi tertentu. Fungsi nomor batch adalah memudahkan penelusuran kembali jika terjadi masalah kualitas atau keamanan.

Batch Code Printer adalah mesin yang digunakan dalam proses produksi untuk memberikan identifikasi unik pada sekelompok produk yang diproduksi dalam satu siklus produksi tertentu. Dengan menggunakan berbagai teknologi cetak seperti inkjet, thermal inkjet, atau laser, batch code printer bertugas mencetak nomor batch pada produk atau kemasan secara akurat dan tahan lama.

3. Kode produk (product code)

Pemberian Informasi Produk hasil mesin coding otomatis farmasi gressler indonesia

Kode produk adalah identifikasi unik yang diberikan pada setiap produk. Kode produk yang tertera berfungsi membantu dalam manajemen inventaris, pelacakan, dan pengelolaan stok.

4. Barcode dan QR code

hasil Penandaan Barcode dan QR Code mesin coding inkjet otomatis gressler indonesia

Barcode dan QR code digunakan untuk otomatisasi pemindai data. Kode ini dapat mengandung berbagai informasi, termasuk nomor seri, lokasi produksi, dan informasi lainnya.

Barcode printer menggunakan teknologi khusus, seperti thermal transfer atau direct thermal, untuk menciptakan gambar barcode pada label. Thermal transfer menggunakan pita transfer termal untuk menerapkan tinta pada label, sementara direct thermal menghasilkan gambar menggunakan panas langsung pada label termal.

5. Mesin kode produksi untuk informasi logistik (logistics information)

hasil Pelacakan Logistik dan Pengiriman mesin inkjet otomatis gressler

Kode produksi dapat mencakup informasi logistik seperti lokasi produksi, rute pengiriman, dan tanggal produksi. Informasi logistik pada produk membantu dalam pengelolaan rantai pasok dan distribusi.

Salah satu manfaat mesin cetak kode produksi Gressler adalah dapat mempermudah proses inventori dan logistik, sehingga setiap produk dapat dicatat dan dilacak dengan baik. Hal ini juga dapat melacak produk ketika terjadi permasalahan.

6. Data jejak dan audit (traceability data)

Data Jejak dan Audit (Traceability Data) mesin kode produksi

Mesin cetak kode dapat mencetak data jejak yang mencakup informasi tentang asal-usul bahan baku, proses produksi, dan perjalanan produk melalui rantai pasok. Ini penting untuk transparansi dan kepatuhan regulasi.

7. Mesin kode produksi untuk kode anti-pemalsuan (anti-counterfeiting code)

Kode Anti-Pemalsuan (Anti-Counterfeiting Code) mesin cetak kode produksi Gressler

Kode anti-pemalsuan digunakan untuk melindungi produk dari pemalsuan. Kode tersebut dapat berupa kode khusus atau tanda khusus yang sulit ditiru.

8. Kode pemrograman (programming code)

Kode Pemrograman (Programming Code)

Kode produksi juga dapat mencakup informasi pemrograman, seperti pengaturan produksi, konfigurasi mesin, atau instruksi khusus. Mesin cetak kode produksi Gressler dapat mencetak kode produksi di berbagai material, termasuk material spare part maupun bahan elektronik.

9. Kode kualitas (quality code)

Kode Kualitas (Quality Code) mesin cetak kode produksi

Selanjutnya, kode produksi dapat mencakup informasi tentang pengujian kualitas, standar produksi, atau hasil pengujian untuk memastikan kepatuhan terhadap standar kualitas.

10. Informasi lingkungan (environmental information)

Informasi Lingkungan (Environmental Information)

Beberapa produk mencetak kode produksi yang mencakup informasi tentang dampak lingkungan, bahan ramah lingkungan, atau petunjuk daur ulang.

Regulasi Kode Produksi pada Produk

Di Indonesia, terdapat beberapa regulasi terkait dengan kode produksi pada produk, terutama dalam konteks keamanan konsumen, manajemen inventaris, dan pemenuhan standar industri. Berikut adalah beberapa regulasi yang relevan:

1. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mesin cetak kode gressler

BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan merupakan lembaga yang bertanggung jawab atas pengawasan obat, makanan, dan produk kesehatan di Indonesia. BPOM mengatur tentang persyaratan pelabelan produk, termasuk pencantuman informasi tanggal kedaluwarsa dan nomor batch pada kemasan. Regulasi ini bertujuan untuk memastikan keamanan dan kualitas produk konsumsi.

Mesin cetak kode produksi Gressler dirancang dengan teknologi khusus yang menggunakan tinta food grade, yaitu tinta yang aman digunakan pada produk makanan dan minuman agar sesuai dengan regulasi BPOM.

2. Regulasi Kementerian Perdagangan untuk mesin kode produksi

Kementerian Perdagangan mesin kode produksi gressler

Kementerian Perdagangan dapat memiliki regulasi terkait dengan standar kualitas dan identifikasi produk tertentu. Kementerian perdagangan memegang peran dalam menetapkan persyaratan untuk pencetakan kode produksi, terutama untuk produk-produk tertentu seperti barang konsumen atau alat elektronik, sehingga dibutuhkan mesin kode produksi.

3. Badan Standardisasi Nasional (BSN)

Badan Standardisasi Nasional (BSN) mesin kode produksi gressler

BSN menetapkan standar nasional untuk berbagai produk, yang dapat mencakup persyaratan pencetakan kode produksi. Standar ini dapat mencakup persyaratan terkait pencetakan kode produksi untuk memastikan bahwa produk memenuhi standar keamanan dan kualitas yang ditetapkan. Mesin cetak kode produksi dari Gressler dapat mencetak kode yang sesuai dengan standar BSN.

4. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mesin kode produksi gressler

Terkait dengan produk yang berdampak pada lingkungan, regulasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mencakup persyaratan untuk mencetak informasi terkait dampak lingkungan atau petunjuk daur ulang. Oleh karena itu, dibutuhkan mesin cetak kode produksi yang mentaati regulasi KLHK.

5. Lembaga Sensor Film (LSF) (untuk Produk Audio-Visual)

Lembaga Sensor Film (LSF) mesin cetak kode produksi gressler

LSF berperan dalam mengatur produk audio-visual seperti film. Lembaga ini memiliki persyaratan pencantuman kode produksi pada produk mereka untuk pelacakan dan pengelolaan distribusi.

6. Kementerian Kesehatan

Kementerian Kesehatan mesin cetak kode produksi Gressler

Kementerian Kesehatan memiliki kewenangan terkait dengan produk-produk yang berhubungan dengan kesehatan masyarakat, termasuk obat-obatan dan alat kesehatan. Mereka dapat mengeluarkan regulasi terkait kode produksi untuk memastikan identifikasi produk yang akurat.

Mesin cetak kode produksi dari Gressler memiliki ketahanan tinta yang baik, sehingga tidak mudah luntur pada produk farmasi maupun produk kesehatan lainnya.

7. Peraturan Pemerintah tentang label dan iklan pangan

Peraturan Pemerintah tentang Label dan Iklan Pangan mesin cetak kode produksi gressler

Regulasi ini menetapkan persyaratan label dan iklan untuk pangan. Termasuk di dalamnya adalah persyaratan pencantuman informasi tanggal kedaluwarsa dan nomor batch pada kemasan pangan.

Mesin cetak kode produksi dapat mencetak berbbagai informasi yang diperlukan, seperti tanggal kedaluwarsa, nomor batch, dan kode produk, sehingga memastikan keamanan dan kualitas produk.

Keunggulan mesin ini melibatkan integrasi teknologi terkini yang memungkinkan cetakan label yang jelas dan akurat sesuai dengan standar pangan yang berlaku.

8. Peraturan Pemerintah tentang Standar Nasional Indonesia (SNI)

Peraturan Pemerintah tentang Standar Nasional Indonesia (SNI) mesin expired date gressler indonesia

SNI dapat mencakup standar pencetakan kode produksi untuk berbagai produk. Penerapan SNI pada produk tertentu dapat diatur oleh berbagai kementerian dan lembaga.

Kesimpulan

Mesin cetak kode produksi memiliki peran penting dalam industri manufaktur untuk memberikan identifikasi unik pada setiap produk atau kemasan. Tujuan utamanya adalah mencetak informasi vital seperti tanggal produksi, nomor batch, atau kode produk untuk memastikan pelacakan yang efisien dan kepatuhan terhadap regulasi. Terdapat berbagai jenis mesin yang dapat Anda gunakan sesuai kebutuhan.

Share artikel ini

Hubungi expert coding & marking kami hari ini

Jelajahi bagaimana continuous inkjet printers Gressler dapat meningkatkan operasional kemasan Anda!

Anda mungkin juga menyukai

Table of Contents

Share

giveaway banner pop up gressler east pack #v4 (1)