logo gressler 2024 utama 1 baris

Investasi Mesin Coding untuk UMKM Apakah Menguntungkan?

investasi mesin coding untuk UMKM material kaleng

Table of Contents

Salah satu aspek penting dalam operasional UMKM adalah proses produksi, yang sering kali memerlukan teknologi canggih untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas produk. Mesin coding adalah salah satu teknologi yang dapat memberikan dampak signifikan pada produksi, terutama dalam hal pencetakan tanggal kadaluarsa, kode batch, dan informasi produk lainnya.

Artikel ini akan membahas lebih lanjut terkait investasi mesin coding untuk UMKM dan bagaimana caranya.

Mesin Coding sebagai Solusi Efektif Produksi di UMKM

investasi mesin coding untuk UMKM

Mesin coding adalah perangkat penting yang digunakan dalam berbagai industri untuk mencetak informasi penting pada produk dan kemasannya. Informasi ini bisa berupa tanggal kadaluarsa, kode batch, nomor seri, logo, dan berbagai informasi lainnya.

UMKM sering kali dihadapkan pada tantangan besar dalam meningkatkan skala produksi sambil menjaga kualitas dan efisiensi. Mesin coding memberikan solusi untuk beberapa masalah utama ini dengan menyediakan cara yang efisien dan andal untuk mencetak informasi penting pada produk.

Baca juga: Rental Mesin Coding Inkjet Otomatis Terlengkap 2024

Keuntungan Investasi Mesin Coding untuk UMKM

investasi mesin coding untuk UMKM material kaleng

Investasi mesin coding untuk UMKM memberikan berbagai keuntungan, terutama dalam meningkatkan efisiensi operasional, memastikan kepatuhan terhadap regulasi, dan meningkatkan reputasi produk. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai keuntungan-keuntungan tersebut:

1. Peningkatan Produktivitas

  • Otomatisasi Pencetakan: Mesin coding memungkinkan proses pencetakan informasi seperti tanggal kadaluarsa, kode batch, dan informasi produk lainnya dilakukan secara otomatis. Ini menghemat waktu dan tenaga dibandingkan dengan metode manual. Sehingga, investasi mesin coding adalah pilihan yang tepat untuk meningkatkan produktivitas.
  • Kecepatan dan Efisiensi: Mesin coding dapat mencetak informasi dengan sangat cepat, memungkinkan UMKM untuk memproses lebih banyak produk dalam waktu yang lebih singkat. Ini sangat bermanfaat untuk produksi skala besar.

2. Kepatuhan Terhadap Regulasi

  • Informasi yang Akurat: Mesin coding memastikan bahwa informasi penting seperti tanggal kadaluarsa dan kode produksi dicetak dengan akurat pada setiap produk. Mesin ini membantu UMKM memenuhi persyaratan regulasi yang ketat dalam industri makanan, minuman, farmasi, dan kosmetik.
  • Pelacakan dan Pelaporan: Dengan mesin coding, UMKM dapat dengan mudah melacak dan melaporkan informasi produk, yang penting untuk kepatuhan regulasi dan audit. Oleh karena itu, investasi mesin coding adalah pilihan tepat agar produk dapat diproduksi sesuai regulasi.

3. Pengurangan Kesalahan Manusia

  • Konsistensi Cetakan: Mesin coding mengurangi risiko kesalahan manusia yang sering terjadi dalam pencetakan manual. 
  • Minimalkan Kerugian: Dengan mengurangi kesalahan, UMKM dapat mengurangi jumlah produk yang harus dibuang karena informasi yang salah atau tidak lengkap, sehingga menghemat biaya.

4. Peningkatan Reputasi

  • Label Profesional: Produk yang diberi label dengan baik menunjukkan profesionalisme dan komitmen terhadap kualitas. 
  • Keamanan Produk: Pencantuman informasi yang jelas dan akurat mengenai tanggal kadaluwarsa dan kode batch meningkatkan keamanan produk, yang sangat penting untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan.

5. Fleksibilitas Penggunaan

  • Beragam Aplikasi: Mesin coding modern dapat digunakan untuk berbagai jenis kemasan dan bahan, termasuk botol, kotak, kaleng, dan label. 
  • Penyesuaian Mudah: Mesin coding dapat dengan mudah disesuaikan untuk mencetak informasi yang berbeda sesuai dengan kebutuhan produksi, membuatnya sangat berguna untuk produksi yang beragam.

6. Pengurangan Biaya Operasional

  • Efisiensi Biaya: Dengan meningkatkan efisiensi produksi dan mengurangi kesalahan, mesin coding membantu mengurangi biaya operasional secara keseluruhan.
  • Pengurangan Limbah: Dengan memastikan bahwa semua produk diberi label dengan benar, UMKM dapat mengurangi jumlah produk yang harus dibuang karena kesalahan pencetakan, sehingga mengurangi limbah dan biaya terkait.

Baca juga: Rekomendasi Mesin Cetak Expired Date untuk UMKM di Surabaya

Transformasi Digital di Sektor UMKM

Transformasi digital merupakan proses adopsi teknologi digital dalam semua aspek bisnis untuk meningkatkan efisiensi operasional, memberikan nilai tambah kepada pelanggan, dan mendukung pertumbuhan bisnis. 

UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) sering kali menghadapi berbagai tantangan dalam pembiayaan, terutama ketika hendak mengadopsi teknologi baru seperti investasi mesin coding yang dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas mereka. 

Solusi Pinjaman Modal

Finable by Edufund hadir sebagai solusi inovatif untuk membantu investasi mesin coding untuk UMKM mengatasi tantangan pembiayaan mereka. Berikut adalah bagaimana Finable by Edufund dapat membantu UMKM dalam memperoleh modal untuk pembelian mesin coding:

  • Proses Aplikasi yang Mudah dan Cepat: Finable by Edufund menawarkan proses aplikasi pinjaman yang lebih mudah dan cepat dibandingkan lembaga keuangan tradisional untuk investasi mesin coding. UMKM dapat mengajukan pinjaman secara online dengan dokumentasi yang minimal.
  • Suku Bunga Kompetitif: Finable by Edufund menawarkan suku bunga yang kompetitif, sehingga UMKM dapat memperoleh pembiayaan dengan biaya yang lebih terjangkau.
  • Pembiayaan Fleksibel: Layanan ini menyediakan opsi pembiayaan yang fleksibel, memungkinkan UMKM untuk memilih jangka waktu pembayaran yang sesuai.

 

*Artikel ini adalah hasil kerja sama antara Edufund dan Gressler

Share artikel ini

Hubungi expert coding & marking kami hari ini

Jelajahi bagaimana continuous inkjet printers Gressler dapat meningkatkan operasional kemasan Anda!

Anda mungkin juga menyukai

Table of Contents

Share