logo gressler 2024 utama 1 baris

Harga Inkjet Coding Machine Terlengkap 2024 dari Gressler

cara kerja inkjet coding machine continuous inkjet printer (CIJ) Gressler indonesia

Table of Contents

Inkjet coding machine adalah mesin pencetakan yang menggunakan teknologi inkjet untuk mencetak karakter, kode batang, dan informasi lainnya pada berbagai permukaan produk atau kemasan. Mesin ini dirancang untuk melakukan pencetakan dengan kecepatan tinggi dan tingkat akurasi yang tinggi, membuatnya sangat cocok untuk aplikasi di berbagai industri.

Pada dasarnya, ink jet coding machine menggunakan nozzle atau kepala cetak yang dapat menyemprotkan tinta kecil secara presisi ke permukaan yang akan dicetak. Tinta tersebut membentuk karakter atau kode yang diinginkan sesuai dengan program dan instruksi yang diberikan oleh pengguna.

Cara Kerja Inkjet Coding Machine CIJ

Continuous Inkjet Printer (CIJ) adalah jenis coding inkjet printer yang menggunakan teknologi semprotan tinta yang terus-menerus untuk mencetak karakter atau kode pada permukaan berbagai material. Berikut ini adalah penjelasan cara kerja continuous inkjet printer:

cara kerja inkjet coding machine continuous inkjet printer (CIJ) Gressler indonesia

Baca juga: 8 Tren Mesin Industrial Inkjet Printer 2024

1. Generasi tinta

Proses dimulai dengan generasi tinta di dalam mesin. Tinta khusus untuk CIJ umumnya bersifat cair dan dapat cepat kering setelah disemprotkan.

2. Pemancaran tinta pada nozzle

Tinta diumpankan ke dalam satu atau beberapa nozzle kecil pada kepala cetak (print head) CIJ. Kepala cetak memiliki sejumlah nozzle yang dapat menyemprotkan tinta kecil dengan kecepatan tinggi.

3. Pemancaran tinta menjadi partikel kecil

Tinta yang ada di nozzle kemudian dipancarkan dalam bentuk tetesan kecil yang dipecah menjadi partikel-partikel yang lebih kecil oleh pengguncangan atau vibrasi cepat pada nozzle.

4. Tetesan tinta diberikan muatan listrik

Setiap tetesan tinta yang dihasilkan diberi muatan listrik menggunakan medan elektrostatik yang dikendalikan oleh elektroda yang terletak di dekat nozzle.

5. Tinta yang tidak diperlukan akan didefleksi

Setelah diberi muatan listrik, tetesan-tetesan tinta yang keluar dari nozzle akan melewati medan elektrostatik. Tetesan-tetesan yang tidak diinginkan, atau yang tidak diperlukan untuk pencetakan tertentu, akan mengalami defleksi dan kembali ke dalam reservoir tinta untuk digunakan kembali.

6. Penyemprotan ke permukaan target

Tetesan-tetesan tinta yang telah diberi muatan listrik dan tidak mengalami defleksi akan disemprotkan secara terus-menerus ke permukaan produk atau kemasan. Semprotan tinta ini membentuk karakter atau kode yang diinginkan.

7. Kontrol posisi dan waktu penyemprotan tinta

Sistem kontrol elektronik di dalam CIJ mengatur posisi dan waktu penyemprotan tinta ke permukaan target. Ini memastikan pembentukan karakter atau kode sesuai dengan program dan instruksi yang diberikan oleh pengguna.

8. Tinta kering

Karena tinta yang digunakan umumnya bersifat cair dan cepat kering, karakter atau kode yang terbentuk akan segera mengering pada permukaan target.

9. Pemeliharaan mesin

Ink jet coding machine continuous Inkjet Printer memerlukan pemeliharaan rutin, seperti pembersihan kepala cetak dan penggantian tinta, untuk menjaga kinerja yang optimal.

Fitur Inkjet Coding Machine

CIJ adalah salah satu jenis inkjet coding machine yang banyak digunakan oleh perusahaan, karena kemudahan dalam penggunaannya. Untuk mempelajari lebih lanjut terkait CIJ, berikut ini adalah fitur yang dapat Anda pelajari:

1. Display 10.1 inch

display 10.1 inch gressler inkjet coding machine CIJ

Continuous Inkjet Printer dilengkapi dengan layar sentuh seukuran 10.1 inch untuk memudahkan pengaturan dan kontrol operasional. Layar yang besar memberikan antarmuka yang mudah diakses dan informatif.

2. Daya input 200-240V AC 50 / 60Hz

Daya input 200-240V AC 50 60Hz Inkjet coding machine

Ink jet coding machine CIJ memerlukan daya listrik dengan tegangan masukan antara 200 hingga 240 Volt AC (Alternating Current) pada frekuensi 50 atau 60 Hertz. Tegangan ini biasanya sesuai dengan standar daya listrik yang umum digunakan di berbagai negara.

3. Menggunakan material 304 stainless steel dengan IP55

inkjet coding machine CIJ Menggunakan material 304 stainless steel dengan IP55

CIJ menggunakan bahan konstruksi utama yang terbuat dari stainless steel dengan grade 304. Stainless steel 304 adalah jenis stainless steel yang umum digunakan dan dikenal karena kekuatannya, ketahanan terhadap korosi, dan kemampuan untuk bertahan dalam berbagai kondisi lingkungan.

Dengan standar IP55, mesin ini memiliki tingkat perlindungan yang baik terhadap debu. Meskipun tidak sepenuhnya kedap debu, ink jet coding machine CIJ cukup terlindungi dari jumlah debu yang signifikan.

Baca juga: A to Z Spesifikasi Mesin Cetak Expired Date Otomatis

4. Dimensi 447mm x 242mm x 650mm

Dimensi 447mm x 242mm x 650mm inkjet coding machine continuous inkjet printer gressler

Dalam memilih mesin inkjet coding, Anda perlu memahami dimensi mesin tersebut agar sesuai dengan keadaan pabrik. CIJ dari Gressler memiliki dimensi 447mm x 242mm x 650mm yang dapat dengan mudah diintegrasikan dengan dalam lini produksi. Dimensi yang sesuai juga dapat mempengaruhi kemampuan untuk memindahkan atau memanuver mesin di sekitar fasilitas produksi.

5. Dapat mencetak hingga 5 baris

Memiliki resolusi 300DPI mesin industrial inkjet printer

Ink jet coding machine CIJ dari gressler dapat mencetak informasi hingga 5 baris secara simultan dalam satu siklus pencetakan. Pencetakan multi-baris dapat meningkatkan tingkat kejelasan dan identifikasi informasi, terutama dalam lingkungan dengan ruang pencetakan terbatas. Kemampuan mencetak beberapa baris pada satu waktu juga dapat meningkatkan efisiensi pada garis produksi, terutama jika ada kebutuhan untuk mencetak informasi yang berbeda atau unik pada setiap produk.

6. Kecepatan pencetakan maks. 284 m/m

Kecepatan pencetakan maks. 284 mm inkjet coding mesin CIJ Gressler

Kecepatan pencetakan adalah faktor kunci dalam memilih CIJ yang sesuai dengan kebutuhan produksi dan aplikasi tertentu. Ketersediaan fitur ini memberikan fleksibilitas bagi pengguna untuk menyesuaikan kecepatan sesuai dengan persyaratan spesifik produksi mereka. In kjet coding machine dari Gressler memiliki maksimal kecepatan cetak 284 mm, sehingga dapat memenuhi throughput produksi yang tinggi.

7. Dapat mencetak di berbagai kemasan

One Price per print Gressler Coding and Marking Solution Indonesia--01

Mesin inkjet coding machine CIJ dari Gressler dirancang untuk mencetak pada berbagai jenis material kemasan seperti kertas, plastik, logam, kaca, dan lain sebagainya. Fitur ini dapat memberikan fleksibilitas dalam menangani material kemasan yang berbeda-beda di berbagai industri. Kemampuan CIJ untuk mencetak pada berbagai kemasan tidak hanya terbatas pada jenis material, tetapi juga termasuk kemampuan untuk beradaptasi dengan bentuk dan permukaan yang beragam.

8. Dapat menggunakan berbagai jenis tinta

Gressler inkjet printer untuk industri telur coding and marking solution

Continuous inkjet printer dapat menggunakan dye ink, yang dikenal dengan warna yang cerah dan tajam, pigmented ink dengan kestabilan warna yang baik. Selain itu, inkjet coding machine ini juga dapat menggunakan food grade ink yang aman untuk aplikasi di industri makanan dan minuman, serta edible egg ink yang dirancang khusus untuk mencetak pada telur atau produk yang bersentuhan dengan telur.

Dengan kemampuan ini, CIJ memberikan fleksibilitas dalam mencetak informasi pada berbagai jenis material dan produk. Selain memberikan hasil cetakan yang berkualitas, CIJ dengan berbagai pilihan tinta ini juga memastikan kepatuhan terhadap regulasi dan standar keamanan yang berlaku di berbagai industri.

9. Memiliki warna tinta yang beragam

Cara Kerja Inkjet Coding Machine CIJ continuous inkjet printer gressler indonesia

Gressler memiliki mesin CIJ yang dapat menggunakan berbagai jenis warna tinta, termasuk hitam, putih, merah, kuning, biru, hijau, dan invisible. Dengan adanya berbagai pilihan warna tinta, CIJ dapat menyesuaikan pencetakan sesuai dengan kebutuhan pengguna, memastikan bahwa informasi yang dicetak dapat dengan mudah dibaca dan dipahami oleh operator atau konsumen.

Kemampuan untuk menggunakan tinta invisible juga memberikan tambahan tingkat keamanan pada produk atau kemasan tertentu.

10. Dapat mencetak berbagai jenis informasi

Memiliki resolusi 300DPI mesin industrial inkjet printer

Inkjet coding machine continuous inkjet printer dari Gressler memberikan solusi pencetakan serbaguna yang dapat disesuaikan dengan berbagai kebutuhan industri, termasuk pelacakan produk, identifikasi batch, dan pencetakan informasi spesifik sesuai kebutuhan aplikasi. CIJ juga mendukung pencetakan informasi dinamis yang dapat diubah sesuai dengan persyaratan produksi atau manajemen data.

Baca juga: Wajib Tahu! Ini dia Aplikasi Date Coding untuk Industri Anda

Pilihan Produk Inkjet Coding Machine

continuous inkjet printer mesin coding inkjet otomatis gressler indonesia

Continuous Inkjet Printer

GC1400, GC-1600, GC-1700, GC-2000

thermal inkjet printer mesin coding inkjet otomatis gressler indonesia

Thermal Inkjet Printer

GT-1000, GT-2000

thermal transfer overprinter mesin coding inkjet otomatis gressler indonesia

Thermal Transfer Overprinter

GE-1000, GE-2000, GE-3000

cms gressler package rewinder tjr mesin coding otomatis gressler

CMS Package Series TIJ with Rewinder

CMS-TJR-4-1030

mesin inkjet coding CMS-Package-Series-TJC-Conveyor-with-TIJ-Mesin-coding-gressler (Medium)

CMS Package Series TIJ with Conveyor

CMS-TJC-1-1060

Consumable mesin coding inkjet otomatis gressler indonesia

Consumable

Tinta, cartridge, ribbon, spare part

Harga Produk Inkjet Coding Machine 2024

Catatan:

1. Opsi pembelian Lump Sum per bulan sudah termasuk mesin, consumable, servis, dan spare part (All in).

2. Opsi pembelian One Price per Print menggunakan harga yang kompetitif untuk biaya cetak per kemasan.

Share artikel ini

Hubungi expert coding & marking kami hari ini

Jelajahi bagaimana continuous inkjet printers Gressler dapat meningkatkan operasional kemasan Anda!

Anda mungkin juga menyukai

Table of Contents

Share

giveaway banner pop up gressler east pack #v4 (1)